Senin

Pengembangan Kewirausahaan Sebagai Solusi

70% Sarjana Ingin Menjadi PNS

TASIKMALAYA KORAN IMSA –

Kultur pemikiran para sarjana di Indonesia saat ini masih berfokus kepada keinginan diri menjadi pegawai. Dari hasil sebuah lembaga survey yang dilakukan di enam kota besar, ternyata 70% lulusan perguruan tinggi fresh graduade menginginkan menjadi pegawai negeri sipil.

Sebuah sirvey menunjukkan sebagaian besar para sarjana, mencapai 70% adalah ingin menjadi PNS. Hanya 20% saja yang menjadi pengisaha. Kenyataan ini menjadikan Indonesia menjadi negara pegawai,” ujar Profesor Emeritus H. Nu’man Somantri, M.Si, Rektor Universitas Siliwangi Tasikmalaya, disela-sela wisuda sarjana dan pasca sarjana Unsil, Sabtu (22/12).

Oleh karena itu, Nu’man mengatakan, saat ini Unsil mengembangkan sebuah konsep entrepeneurship (kewirausahaan) bagi para mahasiswa. Sebab, dengan kemampuan kewirausahaan, kiprah lulusan dapat mengabdikan keilmuannya di masyarakat.

Quasi entrepenur menjadi salah satu pemodelan di Unsil untuk menyiapkan lulusannya agar lebih siap memasuki berbagai peluang kiprah profesi atau pekerjaan,” ujarnya.

Saat ini, tambah Nu’man, lulusan Unsil sudah banyak terserap diberbagai instansi baik pemerintah maupun swasta termasuk menjadi pengusaha sukses. Hal ini menunjukkan kiprah Unsil telah memberikan kontrbusi besar bagi pembangunan kemasyarakatan di Priangan Timur khususnya dan Jawa Barat serta nasional pada umumnya. ***

Tidak ada komentar: