Minggu

SMKN KELAUTAN PANGANdARAN

Kerjasama dengan Perusahaan Jepang

Pangandaran, IMSA.

Tanda tanya dan kekhawatiran masya-rakat akan keberhasilan mendapatkan ke-sempatan kerja para alumni SMKN I Pangan-daran selama ini, tahap demi tahap kini mulai terjawab. Tepatnya akhir tahun 2007 SMKN I Pangandaran terpilih menjadi salah satu SMKN Kelautan di Jawa Barat yang menda-patkan kesempatan bagi alumninya untuk magang (Trainee) di perusahaan Penangka-pan Ikan Tuna Long Liner dari Jepang.

Sabtu pekan lalu (14/12) bertempat di Aula Serba Guna diadakan pertemuan antara alumni berikut siswa- siswi SMKN I Pangan-daran dengan PT.Mariana Pratama sebagai perwakilan perusahaan penangkapan ikan Jepang tersebut. Pemaparan dipandu lang-sung oleh General Manager Sales Departe-men Koyo Corporation Mr.Furuta selama hampir lima jam.

Dalam pemaparan dihadapan alumni dan siswa SMKN Pangandaran, Mr, Furuta menerapkan waktu dan disiplin yang tinggi. Sehingga apabila ada siswa yang tidak di-siplin langsung ditegurnya.

Menurut Kepala SMKN I Pangandaran Drs. Asep Agus bahwa program tersebut adalah salah satu terobosan dari beberapa program kerjasama yang telah dibina dengan dunia industri selama ini.

Dijelaskan Agus, khusus untuk program yang sekarang dibuka untuk para alumni agar bisa terjun langsung ke dunia industri sambil mengikuti perkuliahan. Bila telah selesai magang selama tiga tahun maka selain mendapatkan upah juga akan menda-patkan ijasah diploma tiga bahkan yang setara dengan sarjana.

Sedangkan untuk siswa reguler yang tahun ini masuk kelas tiga diberi kesem-patan untuk mengikuti tes, dan bagi yang berhasil setelah lulus sekolah bisa langsung bekerja di perusahaan tersebut. Rekrutmen seperti ini cukup menjanjikan bagi kelas tiga mendatang, karena bisa langsung mendapat tempat bekerja di luar negeri.

Berijazah D3 dan D4

Ditempat terpisah Wakasek Kesiswaan SMKN I Pangandaran, Tatang, S.Pd., menje-laskan, dua keuntungan bagi alumnus yang lulus tes saat ini. Nantinya para alumnus selain mendapat upah selama tiga tahun juga akan mendapatkan ijasah baik diploma tiga maupun yang setara dengan sarjana penuh. Lebih jelasnya Tatang mengungkapkan dalam rekruitmen ini ada dua penilaian yang akan di sesuaikan de-ngan program dinas terkait. Yang pertama program dari Dinas Pendidikan Jawa Barat yang akan memberi kesempatan kepada para trainer un-tuk sekaligus menjadi mahasiswa di VEDRA (Vocational Education Centre Of Agriculture yang terletak di Cianjur dengan menda-patkan ijasah terakhir diploma tiga. Yang kedua program yang digulirkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat memberikan kesem-patan kepada para traineer untuk sekaligus menjadi mahasiswa STP Jakarta dengan menggondol Ijazah diploma empat.

Tatang mengajak kepada para alumnus dan siswa reguler ke-las tiga agar menggunakan momen ini seba-gai satu kesempatan emas untuk menun-jukan kepada dunia luar bahwa SMKN I Pa-ngandaran khususnya memiliki taruna yang siap bersaing di dunia Internasional. (Her/IMSA)

Tidak ada komentar: